suplemen anak

3 Hal penting Sebelum Memberikan Suplemen Tambahan untuk Anak

Top Hamali – Vitamin dan mineral adalah dua nutrisi penting yang harus ada di dalam menu makan anak setiap hari. Selain dari bahan makanan, vitamin dan mineral juga bisa diperoleh dari suplemen anak. Dengan begitu, pertumbuhan dan perkembangan anak yang sehat pun bisa terjaga.

Hanya saja, sebelum Anda memutuskan untuk memberikan suplemen kepada buah hati tersayang, ada beberapa hal penting yang wajib Anda perhatikan lebih dulu. Tujuannya adalah agar pemberian suplemen bagi anak tetap dalam jumlah yang ideal.

suplemen anak

Kapan Bisa Memberikan Suplemen kepada Anak?

Pada dasarnya, suplemen diberikan apabila kebutuhan nutrisi harian dari makanan belum atau tidak tercukupi. Oleh karena itu, suplemen paling cocok diberikan kepada anak yang memiliki kondisi khusus, seperti:

  • Anak yang mengikuti pola makan vegan atau vegetarian (tepatnya suplemen vitamin B12 yang hanya bisa ditemukan dari bahan makanan hewani).
  • Anak dengan celiac disease yang punya resiko kekurangan nutrisi lebih tinggi.
  • Anak dengan nafsu makan kurang atau banyak mengonsumsi makanan/minuman manis.
  • Anak yang mengonsumsi obat-obatan tertentu atau menderita penyakit kronis.

Tips Memberikan Suplemen bagi Orang Tua

Sebelum Anda memberikan suplemen bagi si kecil, sebagai orang tua Anda perlu pastikan dulu bahwa Anda telah menyediakan menu makan harian yang sehat berimbang serta memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral harian. Meskipun semua vitamin dan mineral penting untuk anak, ada beberapa jenis yang memang penting bagi pertumbuhan dan perkembangan buah hati.

Dilansir dari John Hoplins All Children’s Hospital, bahkan anak yang pilih-pilih makanan masih bisa mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan dari makanan. Hanya saja, Anda bisa konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter spesialis anak untuk mendapatkan informasi lebih lanjut serta anjuran pemberian suplemen yang tepat.

Di samping itu, jika Anda sudah yakin bahwa anak membutuhkan suplemen untuk melengkapi kebutuhan nutrisi hariannya, hindari jenis yang kenyal dan bisa dikunyah seperti gummy. Sebab, ternyata jenis suplemen yang seperti ini tidak baik untuk gigi, lho!

Tak hanya itu saja, hindari membujuk anak untuk mengonsumsi suplemen dengan menyebutnya sebagai “permen”. Jauhkan pula suplemen dari jangkauan buah hati. Tujuannya adalah agar anak tidak benar-benar menganggap suplemen adalah permen yang bisa dikonsumsi sesukanya seperti camilan.

Konsultasikan dengan Dokter Anak

Buat janji temu dengan dokter spesialis anak sebelum memberikan suplemen kepada si kecil. Salah satu tujuannya adalah agar Anda bisa memberikan suplemen dalam jumlah yang tepat. Pasalnya, jumlah asupan vitamin yang melebihi jumlah yang dianjurkan per harinya justru malah bisa menjadi racun dan memicu beberapa gejala seperti mual, diare, dan sakit kepala.

Nah, itulah beberapa informasi yang perlu Anda ketahui dan pertimbangkan dengan matang sebelum memberikan suplemen kepada buah hati. Semoga informasi di atas bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *