perlengkapan bayi baru lahir

4 Perlengkapan Bayi Baru Lahir yang Wajib Dibawa Saat Bepergian

Top Hamali – Mengajak bayi bepergian untuk pertama kalinya merupakan sebuah momen yang mendebarkan bagi sebagian besar bunda pasca melahirkan. Perasaan senang bercampur khawatir sudah pasti anda rasakan, mengingat tubuh bayi yang masih begitu kecil dan rentan. Anda perlu menyiapkan perlengkapan bayi baru lahir seperti popok ganti, tisu basah mitu baby, dan lain sebagainya selama bepergian agar perjalanan menjadi tenang dan nyaman.

Perlengkapan Bayi yang Wajib Dibawa Saat Bepergian

perlengkapan bayi baru lahir

1. Popok Sekali Pakai

Intensitas BAK atau BAB bayi yang baru lahir memang masih sangat tinggi, seiring dengan perkembangan dari sistem pencernaannya. Oleh karena itu, anda sebaiknya menyiapkan beberapa lembar popok sekali pakai untuk cadangan dalam perjalanan. Anda juga sebaiknya tidak menunggu popok si kecil penuh terlebih dahulu sebelum menggantinya, karena hal tersebut bisa membuat bayi menjadi tidak nyaman dan rewel sepanjang perjalanan.

2. Tisu Basah

Tisu basah mitu baby begitu sangat penting untuk anda bawa saat bepergian. Karena selama perjalanan, belum tentu anda akan menemukan sumber air. Dengan adanya perlengkapan bayi baru lahir berupa tisu basah mitu baby, maka bisa dijadikan sebagai pengganti air jika si kecil perlu ganti popok setelah BAK atau BAB. Tisu basah mitu baby satu pak berisi puluhan lembar, jadi anda tidak perlu khawatir akan kehabisan tisu selama perjalanan.

3. Botol Susu dan Milk Powder Container

Ada sebagian orang tua yang memilih untuk menyusui buah hatinya menggunakan botol jika dalam perjalanan atau di luar rumah, baik bayi yang minum susu formula ataupun minum ASI. Jika kondisi ini juga terjadi pada anda, maka 2 hingga 3 buah botol susu wajib anda siapkan di dalam tas bayi yang dibawa dalam perjalanan. Sebaiknya bawa juga termos kecil atau tas pelindung panas, agar susu bisa terasa hangat saat diminum si kecil.

Selain itu agar lebih praktis dan efisien, tempatkan susu formula pada sebuah wadah atau milk container sesuai dengan takaran untuk sekali minum. Sehingga saat bayi ingin menyusu, anda bisa langsung membuatnya dengan cepat tanpa perlu menakarnya kembali. Sediakan juga cadangan takaran susu formula, hal ini dilakukan untuk mengantisipasi jika bayi dalam kondisi yang tiba tiba menjadi lebih sering menyusu.

4. Pakaian Ganti

Baju ganti merupakan perlengkapan bayi baru lahir yang wajib ada di dalam tas ketika anda bepergian. Sesuaikan jumlah pakaian dengan lama perjalanan, serta kondisi tempat yang akan anda tuju. Misalnya anda berencana mengajak si kecil makan di restoran ataupun berkeliling selama beberapa jam saja, maka 2 set pakaian ganti sudah cukup untuk dibawa. Anda bisa membawa jenis pakaian berupa jumper atau sleepsuit yang praktis untuk dilipat.

Selama perjalanan, berbagai barang ini sangat penting untuk anda bawa. Mulai dari peralatan yang kecil, seperti tisu basah mitu baby begitu dibutuhkan di dalam perjalanan. Tidak hanya berguna untuk membersihkan si kecil saat BAB atau BAK dengan tisunya yang begitu lembut, tisu basah mitu baby juga bisa anda gunakan untuk membersihkan wajah bayi agar tidak lengket akibat bekas susu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *