prebiotik untuk bayi

Apakah Prebiotik Untuk Bayi Aman Dikonsumsi Setiap Hari?

Top Hamali – Prebiotik termasuk salah satu zat yang tidak dapat dicerna oleh tubuh. Prebiotik sendiri sering ditemukan di beberapa makanan yang mendorong pertumbuhan probiotik. Sumber prebiotik bisa didapatkan di ASI, asparagus, pisang, daun bawang, bawang bombay, bawang putih, tomat, gandum. Prebiotik memang kaya akan manfaat namun amankah prebiotik untuk bayi?

Prebiotik yang diberikan untuk anak-anak umumnya dalam bentuk susu formula. Prebiotik dalam susu formula dirancang mirip dengan oligosakarida pada ASI. Prebiotik ini bertujuan untuk mendukung pertumbuhan lactobacillus dan bifidobacteria probiotik utama yang ada pada sistem pencernaan si kecil terutama pada usus yang mengonsumsi ASI.

prebiotik untuk bayi

Apakah Prebiotik Pasa Susu Aman Untuk Bayi?

Probiotik atau prebiotik untuk bayi yang ditambahkan pada susu formula dan makanan lain yang dipasarkan untuk bayi sejauh ini dianggap tidak berbahaya bagi bayi dan anak-anak yang sehat. Namun tentu Anda sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu apabila ingin memberikan susu formula yang mengandung prebiotik jika si kecil menderita penyakit kronis atau parah bahkan beberapa penyakit melarang untuk diberikan prebiotik.

Apakah Prebiotik Bermanfaat Bagi Pertumbuhan Bayi?

Prebiotik dikatakan tidak dapat mencegah asma atau gatal-gatal pada bayi secara signifikan, sama halnya dengan susu formula biasa. Namun, formula prebiotik bisa membantu melindungi anak-anak dari risiko eksim.

Formula yang mengandung prebiotik ditemukan memiliki efek seperti ASI dalam mendorong pertumbuhan Bifidobacterium dan Lactobacillus di mana hal ini bisa menghambat pertumbuhan Clostridium yang secara signifikan dapat membantu mencegah kolik.

Perlukah Susu Prebiotik Untuk Bayi?

Apabila si kecil memiliki risiko alergi, pilihan terbaik yang harus dilakukan yaitu tentunya menyusui secara eksklusif selama 6 bulan pertama kelahirannya karena ASI memang sudah terbukti menjadi sumber utama makanan si kecil untuk mendukung tumbuh kembangnya serta membantu membentuk sistem kekebalan tubuh yang baik.

Apabila ingin memberikan suplemen prebiotik atau susu prebiotik untuk bayi di bawah 6 bulan, maka pastikan sudah berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Berikan susu yang memang sudah cocok untuk usia si kecil seperti susu prebiotik dari Nutriclub Nutrilon termasuk pemberian suplemen prebiotik yang tetap tidak boleh sembarangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *