makanan tahan lama

Berbagai Makanan Dalam Kemasan Yang Tahan Lama

Top Hamali – Pada saat disuatu daerah terjadi bencana atau musibah maka makanan merupakan hal penting untuk dicari, terutama makanan tahan lama yang dapat disimpan beberapa waktu lamanya sebagai persediaan darurat. Karena pada waktu ada bencana kita tidak memungkinkan untuk mengolah makanan segar yang butuh banyak bahan kombinasi.

Dengan sulitnya kita mendapatkan bahan pokok, maka menyimpan makanan dalam kemasan merupakan opsi utama untuk dilakukan agar kebutuhan makanan pokokĀ  yang awet tetap terpenuhi disaat ada bencana maupun musibah.

Ada beberapa makanan dalam kemasan yang perlu kita ketahui informasinya dan cara pengolahannya untuk bisa dikonsumsi dengan mudah tanpa repot dan tanpa butuh waktu lama untuk mengolahnya kemudian dikonsumsi.

makanan tahan lama

Makanan kemasan cepat saji

  1. Mie instan, siapa yang tidak kenal dengan makanan kemasan ini. Makanan ini sangat berguna disaat darurat dan dapat diolah dengan sangat mudah hanya dengan tambahan air mendidih saja bias siap saji.
  2. Sarden, produk makanan kaleng berupa olahan ikan berbagai jenis dan bumbu juga merupakan pilihan makanan yang tahan lama dan pengolahan yg mudah. Sarden juga bisa dipadukan dengan makanan lain.
  3. Kornet, adalah produk olahan yang berasal dari daging yang dikemas dalam kaleng juga merupakan produk makanan tahan lama yang mudah diolah dan dapat dipadukan dengan makanan lain.
  4. Buah kaleng, selain daging dan ikan terdapat juga buah-buahan yang sudah diolah dan diawetkan sehingga tahan lama dan dapat langsung dimakan tanpa harus diolah lebih dulu. Bisa juga dijadikan campuran untuk makanan pencuci mulut.
  5. Sup kaleng, selain buah kalengan juga ada terdapat sup dalam kaleng yang banyak ditemukan dipasaran. Sup ini bisa langsung dimakan hanya dengan dipanasi saja dan tentunya juga tahan lama karena sudah diberi pengawet makanan.
  6. Sereal, merupakan salah satu makanan awetan yang tahan lama selama kemasan rapat dan cara makan juga tinggal ditambah air atau susu.
  7. Nuget, produk olahan dari daging ini juga cukup awet apabila disimpan ditempat dengan suhu rendah seperti frezzer. Pengolahan nya juga mudah tinggal digoreng.
  8. Sosis, sama seperti nugget produk olahan dari daging ini juga cukup awet apabila disimpan ditempat dengan suhu rendah seperti frezzer. tinggal digoreng atau dipanggang.
  9. Abon, berasal produk olahan makanan dari daging yang sudah dihaluskan dan dikeringkan. Makanan ini cukup awet dan biasanya dikemas dalam plastik kedap udara. Abon dapat langsung dimakan tanpa harus diolah lebih dulu.
  10. Yoghurt, juga merupakan produk olahan makanan yang tahan lama dan mempunyai nilai gizi yang cukup baik. Biasanya bisa dikonsumsi langsung dan bisa juga diolah bersama makanan lain.
  11. Spagheti, hampir sama dengan mie instan pengolahannya. cukup dimasak dalam air mendidih dan bisa juga dikombinasi dengan kornet atau sarden.
  12. Sambal kemasan, kalau yang satu ini bisa langsung dimakan, tetapi harus ada makanan pendampingnya.

Perhatikan kualitas produk kemasan

Apabila kita berencana membeli produk makanan tahan lama dalam kemasan baik itu kaleng, plastik, kaca maupun kardus sebaiknya kita juga teliti untuk kualitas kemasan makanana tersebut. Apabila kemasan sudah rusak maka tidak ada jaminan bahwa makanan itu akan bisa tahan lama.

Perhatikan juga masa kadaluarsa makanan tersebut, karena masa kadaluarsa sudah dekat maka percuma kita membelinya karena tidak bisa disimpan lebih lama. Pilihlah yang masa expirednya cukup panjang dan masih baik kemasannya.

Belilah pada toko-toko atau supermarket yang baik agar terhindar dari produk-produk makanan kemasan yang palsu dan rusak. Saat ini banyak juga produk makanan olahan yang dijual di toko-toko online yang banyak ada di internet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *