cara mengatasi kulit kepala berminyak

Cara Mengatasi Kulit Kepala Berminyak dan Berbau

Top Hamali – Rambut yang menimbulkan bau tak sedap seringkali berasal dari kulit kepala. Kedua dapat disebabkan karena berbagai alasan, termasuk infeksi bakteri, jamur, keringat berlebih, kulit kepala berminyak, polusi, ketidakseimbangan hormon, dll. Berikut beberapa cara mengatasi kulit kepala berminyak yang disertai bau tak sedap.

cara mengatasi kulit kepala berminyak

1. Gel Aloe Vera

Lidah buaya sangat efektif dalam memerangi bau tidak sedap pada rambut yang disebabkan oleh kulit kepala berminyak dan ketombe. Gel aloe vera mengandung berbagai khasiat penyembuhan dan bisa digunakan sebagai kondisioner alami. Setelah Anda keramas, oleskan gel lidah buaya ke kulit kepala dan rambut. Biarkan selama kurang lebih 15-20 menit dan bilas dengan air bersih.

2. Tea Tree Oil

Minyak teh hijau mengandung sifat yang membantu menghilangkan gatal dan bau di rambut karena masalah kulit kepala. Anda cukup mencampur sedikit tea tree oil dengan minyak lain untuk rambut seperti minyak zaitun, minyak kastor, atau minyak jojoba, lalu oleskan seluruhnya ke kulit kepala. Biarkan minyak di kulit kepala Anda selama sekitar 30 menit dan kemudian bilas.

3. Hindari Stress

Tahukah Anda, ketika stress folikel rambut dapat terhambat dalam mengeluarkan fungsinya. Ini bisa mengganggu kesehatan kulit kepala dan membuat rambut berminyak. Kondisi tersebut akan membuat kulit kepala bau, lepek, bahkan rambut rontok. Kelola stress Anda dengan baik agar bisa menghindari masalah kulit kepala dan menjalani hidup lebih sehat.

4. Hindari Makanan Tidak Sehat

Kebiasaan pola makan tak sehat juga mempengaruhi kondisi kulit kepala Anda. Pola makan yang tidak sehat menghasilkan folikel rambut yang kurang gizi dan akhirnya bau apek. Salah satu cara mengatasinya adalah dengan menggunakan lidah buaya maupun bahan-bahan lain yang memberi kesegaran pada kepala.

5. Pilih Shampo Beraroma Segar

Shampo dengan wangi-wangian yang segar akan mengatasi kulit rambut bau karena minyak. Aroma lemon, sirih, atau royal jelly bisa menjadi salah satu alternatif pilihan Anda. Jika Anda juga ingin sensasi segar yang dingin, Anda bisa memilih shampo yang dilengkapi dengan ekstrak menthol.

Masalah kulit kepala memang bisa menurunkan rasa percaya diri dan membuat penampilan tidak maksimal. Anda harus menemukan cara mengatasi kulit kepala berminyak dan bau dengan segera sebelum masalah kepala tersebut semakin buruk. Perlu juga untuk menjaga pola hidup sehat sebagai upaya menjaga kesehatan rambut.

Leave a Reply

Your email address will not be published.