truk common rail

Fighter FM 65 FS, Truk Hemat Bahan Bakar dan Ramah Lingkungan dari Mitsubishi

Top Hamali – Perkembangan teknologi otomotif saat ini semakin berkembang, tak terkecuali pada perkembangan teknologi kendaraan berat seperti truk. Sekarang merupakan era dari truk common rail.

Mitsubishi Fighter FM 65 FS merupakan truk dengan jenis diesel common rail, yaitu teknologi injeksi di mana mesin diesel dapat memperkirakan berapa jumlah bahan bakar yang diperlukan tergantung dengan kekuatan atau kecepatan mesin.

Semakin cepat mesin bergerak, maka kecepatan injeksinya juga semakin cepat, artinya semakin banyak bahan bakar yang digunakan. Sebaliknya, semakin pelan gerak mesin, maka bahan bakar yang diinjeksi juga semakin sedikit.

truk common rail

Fighter FM 65 FS, Truk Modern yang Memenuhi Standar Euro 4

Selain hemat bahan bakar, truk Fighter Mitsubishi yang berteknologi common rail ini memenuhi standar Euro 4 di Indonesia, yaitu standar pembuangan gas emisi kendaraan bermotor roda empat (termasuk truk) di mana emisi yang dihasilkan sangat ramah lingkungan.

Zat pencemarannya pun di bawah standar maksimum yang sesuai dengan peraturan yang dikeluarkan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Apabila truk tidak memenuhi standar Euro 4 ini, maka dinyatakan tidak layak jalan di Indonesia.

Penerapan standar emisi ini tidak hanya berlaku di Indonesia, di negara-negara maju seperti negara asal Mitsubishi sendiri, yaitu Jepang, jauh lebih ketat dibandingkan di Indonesia. Seperti diketahui, Mitsubishi Fighter biasanya tidak hanya dipasarkan di Indonesia, para pengusaha Jepang juga banyak yang mengandalkan truk ini.

Artinya emisi yang dikeluarkan oleh truk Fighter Mitsubishi sesuai dengan standar Jepang. Bila lolos uji emisi di Jepang, tentunya akan lolos uji emisi di Indonesia.  Jadi, dapat dipastikan bahwa medium duty truck atau MDT dari Mitsubishi  ini sudah pasti ramah lingkungan.

Selain hemat penggunaan bahan bakar dan ramah lingkungan, truk berteknologi common rail ini memiliki suara mesin yang tidak sebising truk diesel biasa.

Kemampuan dan Fitur Fighter FM 65 FS

Sebagai medium duty truck, truk common rail dari Mitsubishi ini memiliki kecepatan hingga 92 km/jam. Kecepatan tersebut tentu termasuk cepat untuk truk-truk MDT. Pasalnya, daya tanjak berdasarkan GVW maksimal adalah 41%.  Sementara itu, GVW dari truk ini adalah 16.000 kg.

Menggunakan teknologi Jepang, seri Fighter dari Mitsubishi ini merupakan truk serbaguna yang dapat dipasang bak besi biasa untuk mengangkut berbagai macam barang, seperti:

  • Perabotan rumah tangga
  • Sepeda motor
  • Sepeda kayuh dan barang-barang lainnya

Selain menggunakan bak besi biasa, truk ini juga menggunakan bak besi dump truck khusus untuk mengangkut sampah maupun material bahan bangunan, seperti pasir dan batu kali.

Kelebihan lain dari truk Fighter dari Mitsubishi ini adalah seluruh tubuhnya dirakit di pabrik Indonesia oleh teknisi Indonesia sehingga setelan truk ini benar-benar disesuaikan dengan proporsi tubuh sopir Indonesia.

Selain disesuaikan dengan proporsi tubuh sopir Indonesia, truk Fighter Mitsubishi ini juga disesuaikan dengan medan atau keadaan jalanan di Indonesia, baik di perkotaan besar maupun di jalan-jalan kabupaten/kota kecil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *