kalkulator kehamilan

Ini Dia Yang Harus Dilakukan Oleh Ibu Hamil Pada Awal Kehamilan

Top Hamali – Kehadiran buah hati pada pasangan suami istri pastinya menjadi hal yang paling di tunggu-tunggu, apalagi kehamilan ini merupakan kehamilan anak pertama. Untuk kamu seorang calon ibu yang sedang mengandung dan kehamilan ini merupakan kehamilan pertama kamu pastinya kamu masih bingung apa saja sih yang harus kamu lakukan. Pada jaman moders seperti saat ini sudah banyak sekali aplikasi seperti kalkulator kehamilan, pada aplikasi tersebut berisi tentang informasi kehamilan dan juga hal-hal yang perlu kamu lakukan. Namun untuk memudahkan kamu akan di jelaskan beberapa hal yang harus dilakukan ibu hamil pada awal kehamilan yang berasal dari beberapa sumber, yuk langsung saja simak informasinya.

kalkulator kehamilan

1. Istirahat yang cukup

Pada awal awal kehamilan memang sangat wajar jika kamu merada mudah lelah dan hingga merasa kecapean. Kamu tidak perlu khawatir karena hal tersebut si sebabkan oleh perubahan hormon yang serba cepat dan tubuh kamu yang sedang membiasakan diri dengan keadaan yang baru. Untuk mengatasi rasa lelah dan cape tersebut cobalah kamu luangkan waktu untuk tidur siang, dan pada malam hari pun sebaiknya kamu tidur dengan lebih cepat dari biasanya. Jika kamu kesulitan untuk tidur kamu bisa bersantai sambil mendengarkan music yang lembut untuk membatu kamu lebih rileks. Kamu harus sangat memperhatikan hal ini karena tubuh kamu sedang tumbuh dan berubah — dan calon bayi kamu membutuhkan kamu untuk tetap sehat.

2. Pergi ke Dokter Kandungan atau bidan

Pada awal kehamilan sebaiknya kamu segera datang ke dokter kandungan atau bidan, karena menentukan pendamping medis untuk kehamilan kamu akan sangat penting bagi kesehatan kamu dan calon bayi hingga bayi lahir nanti. Namun kamu masih bingung harus mendatangi pendamping medis yang mana, jika kamuu kebingungan untuk hal tersebut kamu bisa mencari dari forum kesehatan yang valid, forum ibu hamil pada aplikasi seperti kalkulator kehamilan atau minta saran dari dokter keluarga.

3. Minum vitamin

Meminum vitamin pada awal kehamilan ini cukup penting, jadi sebaiknya kamu meminumnya sejak dini ya. Kamu perlu mengkonsumsi vitamin yang mengandung asam folat, karena asam folat ini sangat penting untuk menekan risiko cacat lahir dan kelainan tulang belakang seperti spina bifida pada bayi .Selain asam folat kamu juga perlu mencukupi kebutuhan vitamin D setiap hari, saat ini sudah banyak multivitamin khusus ibu hamil tapi tetap tidak ada yang mengalahkan nutrisi alami yang kamu dapatkan dari makanan alami.

4. Berhenti merokok dan minum alcohol

Jika kamu sudah terbiasa merokok dan minum alcohol pada kehidupan sehari-hari sebaiknya kamu segera berhenti jika kamu sudah mengetahui kamu sedang hamil, karena jika kamu terus mengkonsumsi minuman beralkohol dan meroko bisa meningkatkan resiko yang berbahaya bagi janin seperti keguguran, bayi lahir secara premature, memperlambat pertumbuhan janin, meningkatkan risiko bayi lahir mati, kematian bayi pasca kelahiran, dan peningkatan risiko bayi lahir dengan bibir sumbing atau cacat langit-langit mulut. Tentunya kamu tidak menginginkan hal tersebut terjadi kan jadi segara berhenti ya.

5. Berolahraga

Walaupun kamu sedang hamil tapi kamu tetap harus berolahraga ya, hanya saja olah raga yang kamu lakukan jangan terlalu berat dan sesuaikan dengan kemampuan kamu. karena olahraga saat hamil ini memiliki banyak sekali manfaat untuk kamu dan bayi kamu. berolahraga saat hamil pun sebaiknya kamu di damping oleh ahli ya dan sebelumnya konsultasikan dengan dokter kandungan kamu.

Nah itu dia 5 hal yang perlu kamu lakukan saat kamu berada pada awal kehamilan, untuk info yang lebih lengkaypnya juga kamu bisa mengunduh aplikasi seperti kalkulator kehamilan, teman bumil, dan aplikasi lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *