tata cara mandi wajib

Inilah Bacaan Doa Dan Tata Cara Mandi Wajib Yang Perlu Diketahui Oleh Semua Wanita

Top Hamali – Wanita memang merupakan makhluk ciptaan Allah yang memiliki keunikan tersendiri yang hanya terjadi pada wanita. Salah satu kodrat yang hanya terjadi pada wanita ialah wanita harus mengalami haid atau menstruasi, kehamilan, dan juga menyusui. Dimana seperti yang kita ketahui bahwa saat wanita sedang haid atau sedang masa nifas maka wanita tersebut akan dibebaskan dari kewajiban untuk sholat dan puasa.

Mengapa wanita yang sedang mengalami haid atau nifas dibebaskan atas kewajiban sholat dan berpuasa? Itu karena wanita yang sedang mengalami haid atau nifas sedang berada dalam keadaan yang memiliki hadats atau tidak suci. Alhasil sebelum wanita bisa kembali melaksanakan kewajibannya untuk sholat dan berpuasa wanita tersebut harus terlebih dahulu melakukan mandi wajib.

Lantas apakah yang dimasksud dengan mandi wajib tersebut? Mandi wajib merupakan mandi yang dilakukan selepas wanita selesai dari masa haid atau nifasnya. Didalam mandi wajib ini tidak hanya sekedar mandi biasa dengan menggunakan sabun atau shampoo tapi anda bacaan niat dan juga tata cara mandi wajib yang perlu dilakukan agar mandi wajib tersebut sah dan wanita tersebut bisa melaksanakan kembali kewajibannya.

Untuk anda para wanita yang masih belum mengetahui tentang bacaan niat dan juga tata cara mandi wajib yang benar, tidak perlu khawatir karena anda bisa mengikuti dan memperlajari bacaan niat dan juga tata cara mandi wajib berikut ini :

tata cara mandi wajib

  • Doa mandi wajib bagi orang yang telah melewati masa haid

“Nawaitul Ghusla Lifraf il Hadatsil Haidil Lillahi Ta’ala.”

Artinya :“Aku niat mandi wajib untuk mensucikan hadas besar dari haid karena Allah Ta’ala.”

  • Doa mandi wajib bagi orang yang telah melewati masa nifas

“Nawaitul Ghusla Lirafil Hadatsil Nifasi Lillahi Ta’ala.”

Artinya : “Aku niat mandi wajib untuk mensucikan hadas besar dari nifas karena Allah ta’ala”

Dengan membaca niatan tersebut maka diharapkan bahwa mandi wajib yang kita laksanakan akan benar-benar diterima dan membersihkan diri kita dari berbagai macam hadats yang menempel di tubuh kita. Selain itu pelafalan niatan awal yang baik juga akan membawa kita ke hal yang baik, itulah kenapa membaca doa dan niat ini termasuk kedalam rukun mandi wajib.

Setelah mengetahui dan membaca bacaan niat dari mandi wajib tersebut, selanjutnya anda juga harus mengetahui tata cara yang harus dilakukan dalam pelaksanaan mandi wajib. Berikut tata cara mandi wajib yang perlu anda ikuti :

  1. Petama baca doa niat mandi wajib setelah menstruasi ataupun setelah menjalani nifas.
  2. Kedua membersihkan kedua tangan sebanyak 3 kali
  3. Ketiga membersihkan area kemaluan yang kotor menggunakan tangan sebelah kiri
  4. Keempat mencuci tangan lagi dengan menggunakan sabun
  5. Kelima berwudhu sambil membaca niat berwudhu
  6. Keenam membasuh kepala 3 kali dengan air bersih sampai ke pangkal rambut
  7. Ketujuh memisah-misah rambut menggunakan jari
  8. Kedelapan mengguyur seluruh tubuh dengan air bersih
  9. Kesembilan mandi biasa dengan menggunakan sabun dan sampo

Selain tata cara diatas ada juga beberapa aturan tambahan yang harus dipenuhi agar mandi wajib yang dilakukan sah antara lain seperti harus mandi menggunakan air yang bersih dan memastikan semua bagian tubuh tersiram air dan kotoran yang menempel bisa bersih dan hilang dari tubuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published.