suhu tubuh normal

Ketahui Suhu Tubuh Normal Manusia yang Benar 

Top Hamali – Suhu tubuh merupakan ukuran dari kemampuan tubuh untuk menghasilkan dan menyingkirkan hawa panas. Suhu tubuh normal seseorang dapat berubah-ubah tergantung pada aktivitas yang dilakukan atau keadaan tubuh orang tersebut. Walaupun begitu, suhu tubuh normal umumnya ada di angka antara 39,5 hingga 37,2o Celcius. Selain karena aktivitas fisik, terjadinya perubahan suhu tubuh juga bisa dipengaruhi oleh hal lain, seperti ketika wanita sedang memasuki masa subur atau ketika menstruasi.

suhu tubuh normal

Berbahayakah Suhu Tubuh Rendah atau Tinggi?

Tentu saja perlu diperhatikan jika suhu tubuh terlalu rendah atau terlalu tinggi, karena hal tersebut bisa saja merupakan tanda seseorang terkena penyakit tertentu. Untuk itu, simak penjelasannya berikut ini.

Suhu tubuh sangat rendah

Jika suhu tubuh terlalu rendah, maka bisa saja terkena hipotermia. Pastinya kondisi tersebut sangat berbahaya karena bisa mengganggu jalannya aliran darah, pernapasan, dan kinerja organ vital tubuh, seperti jantung dan otak. Saat hipotermia tidak ditangani dengan cepat dapat menyebabkan kematian.

Bisa dikatakan hipotermia jika suhu tubuh orang tersebut berada di bawah 35o Celsius. Penyebab dari kondisi tersebut adalah ketika seseorang terpapar cuaca atau suhu yang dingin.

Untuk orang dewasa, hipotermia bisa menimbulkan gejala, seperti bicara tidak jelas, menggigil, pusing hingga sesak napas. Jika hal tersebut dibiarkan dapat menyebabkan penderitanya hilang kesadaran, bahkan bisa sampai koma. Dan gejala pada bayi yang terkena hipotermia adalah lemas, kulit teraba dingin, rewel, tampak kemerahan dan biasanya bayi tidak ingin menyusu.

Cara untuk bisa meningkatkan suhu tubuh ketika kedinginan yang diakibatkan hipotermia yaitu pakailah pakaian yang tebal sehingga hangat dan usahakan agar tubuh selalu dalam keadaan kering. Jika bisa jauhi dahulu tempat-tempat dingin dan cari sumber panas, seperti perapian.

Jika kamu atau orang disekelilingmu mengalami penurunan suhu tubuh yang ekstrim atau hipotermia, maka segeralah pergi ke dokter atau rumah sakit terdekat untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Suhu Tubuh Tinggi

Lain halnya dengan hipotermia, hipertermia merupakan keadaan saat suhu tubuh lebih dari 40o Celsius. Kondisi tersebut bisa terjadi saat tubuh tidak bisa mengatur suhu, sehingga suhu tubuh pun terus meningkat. Jika suhu tubuh lebih dari angka 41,1o Celsius, kondisi tersebut biasanya adalah hiperpireksia. Tentunya hipertermia berbeda dengan demam pada umumnya. Karena demam merupakan peningkatan suhu yang sepenuhnya bisa dikendalikan oleh sistem pengaturan tubuh, namun hipertermia merupakan meningkatnya suhu tubuh di luar kendali sistem tersebut.

Demam dapat disebabkan karena infeksi, seperti infeksi dari virus dan bakteri. Sementara itu, pada umumnya hipertermia disebabkan oleh sengatan panas atau heat stoke, yaitu keadaan dimana seseorang tidak bisa mendinginkan tubuhnya secara efektif ketika ada di lingkungan yang panas.Tingginya suhu tubuh yang berkelanjutan bisa menimbulkan dehidrasi parah dan juga kerusakan permanen pada organ tubuh, seperti otak. Oleh sebab itu, kondisi tersebut perlu sekali mendapatkan penanganan medis secara cepat.

Orang dewasa yang memiliki suhu tubuh diatas 39,4o Celcius untuk anak-anak jika memiliki subuh tubuh 38o Celsius sebaiknya segera dibawa ke rumah sakit terdekat untuk mendapatkan penanganan yang tepat dari dokter.

Itu tadi informasi mengenai suhu tubuh normal manusia dan penanganannya. Kamu bisa dapatkan info lainnya mengenai artikel kesehatan dengan mengunjungi website nya di https://www.sehatq.com/artikel/bukan-derajat-celcius-ini-suhu-tubuh-normal-manusia-yang-benar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *