jual iphone

Perbedaan iPhone Original dengan Refurbished yang Harus Anda Ketahui

Top Hamali – Tingginya permintaan iPhone tak jarang membuat banyak seklali oknum tak bertanggungjawab yang memanfaatnya. Alih-alih jual iPhone original berkualitas, justru Anda akan disuguhkan dengan iPhone hasil refurbished atau rekondisi yang tidak layak pakai. Atau bagus-bagusnya hanya bertahan beberapa bulan saja.

Hal ini tentu sangat merugikan terutama jika Anda baru pertama kali berencana menggunakan iPhone dan belum tahu bagaimana cara membedakan iPhone original dengan iPhone hasil modifikasi. iPhone jenis ini banyak ditemukan di pasar black market dimana harga yang ditawarkan jauh lebih murah.

jual iphone

Cara Membedakan iPhone Original dengan Refurbished

Apa itu refurbished? Refurbished merupakan iPhone yang ditarik dari konsumen karena ditemukan kerusakan. Setelah diperbaiki pihak Apple kemudian menjualnya kembali. Jika resmi diperbaiki dari pihak Apple memang tidak masalah, namun ada juga beberapa oknum yang melakukan refurbished iPhone sehingga kualitasnya berada di luar tanggung jawab Apple.

Namun tenang saja, ada beberapa cara membedakan jual iPhone original yang bisa Anda praktekkan untuk mengetahui apakan iPhone tersebut original atau merupakan hasil refurbished dari pihak ketiga.

1. Periksa Kemasannya

Untuk produk iPhone yang telah di refurbished secara resmi oleh pihak Apple, biasanya akan tertera keterangan “Apple Certified Pre-Owned di bagian bawahnya dan tersegel rapat. Namun berbeda halnya jika produk tersebut hasil refurbished pihak ketiga dimana kemasannya sudah tidak tersegel dan ada beberapa aksesoris yang tidak lengkap atau tidak original.

2. Cek Harga Standarnya

Produk iPhone yang direfurbished resmi biasanya pihak Apple akan membanderolnya dengan harga 10% hingga 20% lebih murah. Namun hal ini jauh berbeda, jika produk hasil refurbished oknum lain dimana harga yang ditawarkan jauh dibawah standar. Parahnya lagi, ada yang mematok harga 50% lebih murah dibandingkan harga aslinya.

 3. Cek Keterangan Perangkatnya

Cara lain yang bisa anda lakukan untuk mengetahui apakah produk iPhone tersebut original atau hasil refurbished adalah dengan melihat keterangan perangkatnya. Anda bisa mengetahuinya dengan membuka Menu>Umum>Mengenai, setelah itu akan muncul deskripsi yang menjelaskan perangkat.

Apple akan memberikan kode huruf yang bisa dilihat, M berarti original dengan perangkat bawaan, F berarti hasil refurbished resmi oleh pihak Apple, dan N berartu perangkatnya telah diservice secara resmi.

Risiko  Membeli iPhone di Black Market

Lalu dari mana para penjual mendapatkan produk iPhone refurbished yang tidak resmi? Produk-produk seperti ini biasanya mudah ditemukan di pasar black market. Memang di Balckmarket Anda bisa mendapatkan produk original dengan super murah, namun jangan salah ada beberapa bahaya yang siap mengintai Anda. Apa saja itu?

1. Tidak Ada Garansi Resmi

Resiko yang harus diambil ketika melakukan pembelian iPhone secara tidak resmi adalah tidak adanya garansi yang diberikan. Jadi jika suatu saat iPhonemu bermasalah kamu harus siap-siap menggantinya lagi karena pihak penjual tidak akan bertanggungjawab.

2. Mendapat Ponsel Bunding

Ponsel bunding sendiri merupakan jenis ponsel yang telah terikat kontrak dengan operator seluler tertentu dan biasanya merupakan operator seluler luar negeri. Jika begitu Anda pasti rugi karena iPhone tidak bisa dimasukkan SIM operator dalam negeri.

3. Adanya Pemblokiran dari pihak Pemerintah

Merebaknya keberadaan ponsel murah dari Black Market memang sanagt meresahkan. Oleh karena itu pihak Kominfo bekerja sama dengan Pemerintah melakukan razia dan pemblokiran nomor IMEI ponsel Black Market. Jika begitu, resiko tentu akan semakin besar.

Jual iPhone original disediakan di toko iPhone online ternama. Contohnya, Anda bisa coba membelinya di JD.ID yang dikenal dengan produk terjamin ori. Marketplace ini telah bekerjasama dengan perusahaan penyalur resmi iPhone sehingga Anda sebagai konsumen lebih mudah dalam menemukan iPhone incaran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *