Cara cek no BPJS Ketenagakerjaan dengan NIK

Sebelum cek Nomor BPJS dengan NIK Cek Dulu Hal Ini

Top Hamali – Biasanya terdapat beberapa pertanyaan yanh masih sering muncul di masyarakat mengenain BPJS ketenagakerjaan. Salah satunya adalah bagaimana Cara cek no BPJS Ketenagakerjaan dengan NIK? Apa masih terdaftar di BPJS? Lalu bagaimana cara bisa tahu masih aktit atau tidak? Pada kesempatan kali ini mari kita bahas mengenai langkah cek nomor BPJS dengan NIK di KTP dan bagaimana cara melihat BPJS masi aktif atau tidak.

Ini dia informasi mengenai langkah untuk cek kari BPJS Anda, tapi sebelum membahas itu lebih dalam sebaiknya Anda juga harus paham lebih dulu mengenai bagaimana cara cek kartu BPJS Anda masih aktif atau tidak, disini juga akan di bahas mengenai cek BPJS menggunakan KTP.

Mari kita bahas juga sedikit mengenai pentingnya jadi peserta dari BPJS Ketenagakerjaan. BPJS Ketenagakerjaan merupkan sebuah jaminan perlindunhan bagi para pekerja yang ada di Indonesia. Kepesertaannya bersifat wajib, maka dari itu penting sekali untuk Anda tahu BPJS Ketenagakerjaan Anda aktif atau tidak. Ini dia cara untuk Anda melihay status Anda terutama untuk para pekerja yang sudah berhenti bekerja karena berbagai kondisi misalnya sudah lama tidak bayar iuran, terkena PHK, hingga berbagai kondisi lainnya. Seperti yang ada di halaman resmi dari BPJS Ketenagakerjaan ada 3 cara yanh bisa dilakukan untuk cek kartu ketenagakerjaan masih aktif atau tidak. Yuk langsung saja simak penjelasannya.

Cara cek no BPJS Ketenagakerjaan dengan NIK

Menggunakan aplikasi BPJSTK mobile

Utuk bisa tahu apakah BPJS Anda masih aktif atau tidak adalah dengan mengikutin langkah di bawah ini:

  1. Pertama peserta ini harus download aplikasi BPJSTK mobile yanh sudah tersedia di iOs dan juga Android
  2. Jika sudah selesai di download selanjutnya lakukan dulu registrasi supaya bisa mendapatkan PIN. Untuk melakukan registrasi di aplikasi ini Anda membutuhkan nomor KPJ yang ada di kartu BPJS, NIK yang ada di e-KTP, nama, dan tanggal lahir
  3. Jika sudah selesai mendaftar dan juga login peserta knk bisa tahu bagaimana status kepesetaannua kni
  4. Jika sudah Anda bisa pilih “kartu digital” nanti akan langsung muncul tampilan dari kartu BPJS digital, klik pada tampilan tersebuy lalu di bagian bawahnya nanti akan terlihat status dari BPJS Anda masih aktif atau tidak.

Cek melalui website

Untuk mengetahui apakah BPJS Anda masih aktif atau tidak lalu untuk cek saldo juga bisa Anda lihat di halaman https://sso.bpjsketenagakerjaan.go.id/, jika Anda belum terdaftar di halaman tersebut Anda bisa melakukan registrasi terlebih dahulu dengan cara berikut ini:

  1. Masuk ke https://sso.bpjsketenagakerjaan.go.id/
  2. Pilihlah menu registrasi kemudian isi formulirnya sesuai dengan data yang di butuhkan seperti KPJ aktif, tanggal lahir, nama nomor yang ada di e-ktp, nama ibu kandung, alamat email, dan nomor handphone.
  3. Jika sudah berhasil Anda ini akan mendapatkan PIN, PIN ini akan di kirim melalui email atau SMS dari nomor yang telah di daftarkan.

Untuk cek BPJSnya melalui website ini dia caranya:

  1. Masuk ke halaman https://sso.bpjsketenagakerjaan.go.id/
  2. Masuk ke alamat email di kolom user
  3. Selanjutnya masukan kata sandi dan masukan ke menu layanan.

Datang langsung ke kantor BPJS

Untuk bisa tahu BPJS Anda aktif atau tidak cara yang paling mudah adalah dengan datang ke kantor BPJS ketenagakerjaan. Untuk bisa tahu informasi tersebut Anda juga perlu membawa beberapa persyaratan untuk mengecek kepesertaan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published.