tabir surya

Tabir Surya, Pelindung Jempolan untuk Wajah dan Tubuh Anda

Top Hamali – Tabir surya atau sunblock adalah barang penting yang harus Anda bawa ke mana-mana jika Anda ingin beraktivitas di luar rumah. Pelindung ini dapat membantu kulit Anda baik wajah maupun bagian tubuh lain dari paparan sinar matahari. 

Terlebih saat ini, seperti yang juga Anda ketahui bahwa ada anjuran dari pemerintah maupun pihak kesehatan untuk melakukan jemur diri di bawah sinar matahari sekitar 15 menitan pada jam 10-11 pagi. Anjuran ini menjadi seperti perintah kepada Anda karena semakin meluasnya pandemi dari virus Corona di dunia, khususnya Indonesia.

tabir surya

Fungsi Tabir Surya

Nah, untuk itu Anda sudah pasti memerlukan perlindungan untuk wajah dan tubuh Anda yang akan terpapar sinar matahari agar tidak sunburn atau terbakar matahari dengan pemakaian pelindung ini. Pelindung wajah dan tubuh ini sangat jempolan dalam proteksinya karena hampir semua tabir surya memiliki kandungan SPF (Sun Protection Factor). 

SPF adalah zat yang bisa melindungi tubuh terutama wajah atau bagian tubuh lain dari paparan sinar matahari yang mengandung UV A dan UV B. Jadi, basmi #COVID-19 dengan berjemur dan jangan lupa aplikasikan tabir surya dari merek andalan Anda. 

Informasi dari alodokter.com bahwa kulit wajah adalah yang paling sensitif dan membutuhkan tabir surya namun jangan sampai melupakan kulit tubuh lainnya. Alasan kuat anjuran penggunaan pelindung ini adalah mengurangi kemerahan pada kulit karena iritasi, pencegahan flek hitam pada kulit wajah dan mencegah kulit keriput. 

Selain itu, pelindung kulit ini juga mampu melakukan pencegahan penuaan dini dan kanker kulit. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa semakin lama Anda berada di bawah sinar matahari setiap hari, kulit Anda akan kemerahan dan gosong. 

Jika berlangsung dalam waktu yang lama dan tidak dirawat maka sudah pasti pengaruh jahat UV A dan UV B akan menggerogoti tubuh Anda menjadikan kulit layu dan pigmen kulit bermasalah. Semua itu berakhir dengan kanker kulit yang bisa merugikan kesehatan dan penampilan Anda.

Informasi Penting Tentang Tabir Surya

Tabir surya berdasarkan pemakaiannya terbagi menjadi dua yaitu untuk wajah dan untuk tubuh. Perbedaan antara keduanya adalah konsistensinya saja. Untuk wajah umumnya lebih ringan namun kandungannya tetap terdapat SPF. Untuk kandungan bagian tubuh lainnya, konsistensi dari sunblock ini lebih creamy. Berikut adalah beberapa informasi penting mengenai tabir surya

tabir surya

1. Harus Dipakai Berulang 

Dilansir dari idntimes.com, Anda harus menggunakan produk ini berulang setiap kurang lebih 2 jam pemakaian. Mengapa demikian? Karena ketahanan produk setelah diaplikasikan pada kulit wajah atau tubuh Anda akan habis dalam 2 jam, bahkan bisa kurang jika Anda terpapar sinar matahari terus menerus dalam beraktivitas dan berkeringat. 

Gunakan juga pelindung ini, idealnya, 20 menit sebelum Anda keluar rumah atau beraktivitas di bawah matahari terik. Setelah menit ke 20, sudah jelas wajah Anda akan terlihat kemerahan dan mungkin perih jika tidak memakai pelindung ini. 

2. Pakai Sesuai Jenis kulit

Sangat disarankan untuk menggunakan sunblock sesuai jenis kulit masing-masing. Untuk kulit kering, gunakan konsistensi krim dengan kandungan pelembab didalamnya. Hindari pemakaian pelindung dengan kandungan alkohol karena dapat menyebabkan kulit tambah kering. Kulit berminyak memiliki perlakuan berbeda pula, gunakan pelindung UV dalam bentuk gel agar meresap maksimal. 

Jangan pernah memakai bentuk krim karena berpotensi menyumbat pori-pori. Jika kulit Anda tidak termasuk dua jenis kulit wajah di atas alias Anda memiliki kulit sensitif maka pakai sunblock yang bebas alkohol dan non perfume. 

3. Pastikan Berlabel Broad Spectrum

Apa itu Broad Spectrum? Broad spectrum pada tabir surya adalah perlindungan ini memiliki kandungan SPF (Sun Protection Factor) dan PA (Protection Grade of UV A). Jika Anda melihat di kemasan produk ini terdapat tanda plus (+) dan lebih dari satu maka produk tersebut memberikan perlindungan lebih baik dibandingkan yang memiliki tanda plus sedikit. 

Mengapa harus UV A? UV A adalah penyumbang terbesar dari penyakit kanker kulit. Jadilah pembeli yang cerdas dengan memiliki informasi yang akurat dan akuntabel. Jangan lupa, budayakan membaca juga pada kemasan setiap produk pelindung yang akan Anda beli.

4. Perhatikan Angka SPF

Angka SPF ini juga sama pentingnya dengan PA. Yang pertama harus Anda ketahui tentang SPF ini adalah tidak angka sempurna. Tidak ada produk pelindung yang memiliki perlindungan sempurna atau 100% terhadap sinar matahari. Angka SPF ini berkisar antara 15, 30 dan 50. Yang berarti, secara berurutan dapat melindungi tubuh sebesar 93%, 97% dan 98%. 

Tapi yang paling banyak digunakan adalah kandungan SPF sebesar 30 atau 97% perlindungan terhadap sinar matahari. Sama seperti PA  semakin tinggi angka SPF, proteksi yang diberikan semakin lebih baik. 

5. Gunakan Kosmetik Dengan Kandungan SPF Tinggi

Buat para wanita, selain sunblock, saat ini kandungan dari sunblock ini juga sudah termasuk ke dalam kosmetik yang  Anda pakai sehari-hari. Yang perlu Anda lakukan adalah memilih kosmetik dengan campuran kandungan perlindungan terhadap matahari. 

Kandungan SPFnya pun juga beragam setiap produk. Sangat lumayan untuk perlindungan, meskipun hanya sedikit persennya. Produk kosmetik dengan tambahan pelindung sinar matahari ini umumnya terdapat pada foundation. 

6. Gunakan Dengan Takaran yang Cukup

Yang perlu diingat disini adalah Anda tidak boleh kekurangan pelindung ini. Secara keseluruhan, tubuh membutuhkan sekitar 2 sendok teh pelindung sinar matahari ini. Untuk wajah, leher dan di bawah telinga, Anda harus membutuhkan sekitar satu sendok teh atau sebanyak dua baris jari Anda. Jumlah itu memang terkesan banyak dan melimpah namun apalah arti jumlah jika Anda sudah mendapatkan perlindungan ekstra dari jahatnya UV A. 

7. Dapat Digunakan Semua Golongan Umur

Tabir surya ini bukan hanya diperuntukkan untuk kaum hawa saja, melainkan juga dapat digunakan oleh pria dan anak-anak bahkan balita. Saat ini sudah banyak produk yang menyediakan sunblock untuk segala usia, tentunya dengan kandungan yang aman bagi balita khususnya. 

Aplikasikan pelindung ini untuk melindungi orang-orang tersayang Anda agar terjaga keamanan kulitnya. Jadikan sunblock ini barang yang wajib dibawa jika Anda keluar rumah ke mana pun, tak terkecuali ke mal. AC di mal juga memiliki kecenderungan buruk kering untuk kulit tubuh Anda loh.

8. Tetap Gunakan Pelindung Ekstra

Meskipun sudah menggunakan pelindung matahari ini namun ada baiknya Anda juga tetap menambahkan pelindung manual lainnya seperti: Topi, kacamata, syal, jaket, kaos tangan maupun kaos kaki. Selain itu, Anda juga bisa melindungi kulit Anda dengan mengkonsumsi makanan bergizi tinggi untuk kesehatan kulit Anda, terutama wajah. Sekali lagi, tidak ada perlindungan yang sempurna maka perlindungan tambahan sangat diperlukan.

Dengan paparan informasi di atas, semoga dapat membantu Anda dalam tambahan pengetahuan yang dapat diterapkan, terutama pada saat sekarang. Anda dapat membeli produk tabir surya ini di toko-toko kosmetik atau apotek terdekat. Ingat untuk selalu memakainya sewaktu Anda keluar rumah baik itu aktivitas yang tidak terlalu lama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *