tanda tanda hamil

Tanda – Tanda Awal Kehamilan Yang Sering Kali Muncul

Top Hamali – Kehamilan memang menjadi hal yang ditunggu – tunggu bagi para pasangan yang menantikan hadirnya buah hati di keluarga mereka. Namun tidak jarang biasanya para pasangan muda ini tidak menyadari tanda – tanda bahwa dirinya telah hamil. Hal tersebut sering terjadi karena memang biasanya tanda – tanda hamil pada usia kandungan dibawah 1 bulan seringkali belum terdeteksi.

Biasanya pada usia kehamilan tahap awal yang masih berusia beberapa minggu tanda – tanda yang dirasakan tidaklah signifikan. Kebanyakan orang yang hamil usia mudah justru hanya merasa bahwa tanda – tanda tersebut merupakan tanda – tanda seseoranag yang sedang kurang enak badan atau hanya kelelahan seperti biasa.

Selain itu biasanya tanda – tanda lain seperi terjadinya perubahan bentuk tubuh pun sering dikaitkan dengan kondisi Kesehatan tertenti. Atau tanda lainnya yang sebenarnya mengindikasikan dengan tanda tanda hamil ialah telatnya jadwal datang bulan atau menstruasi. Namun pada usia kehamilan awal keterlambatan datang bulan ini sering dianggap hanya karena kelelahan biasa.

Jadi sebenanrnya jika anda para ibu atau istri mengalami gejala tersebut tidak menutup kemungkinan bahwa anda sedang hamil atau mengandung. Namun untuk lebih pastinya sebenarnya anda bisa melakukan tes kehamilan dengan menggunakan testpack. Tapi kebanyakan pada usia kehamilan yang masih terlalu kecil seringkali hasil di testpack menunjukan hasil yang masih samar.

Cara lain untuk mendeteksi kehamilan tersebut yaitu anda bisa memperhatikan gejal – gejala atau tanda – tanda kehamilan yang kian hari kian terasa. Berikut ini tanda – tanda kehamilan yang seringkali dirasakan para ibu :

tanda tanda hamil

1. Kelelahan

Tanda – tanda hamil di minggu pertama adalah merasa kelelahan, itu karena sebagian tenaga anda disimpan secara otomatis oleh tubuh untuk menjaga janin yang ada didalam rahim anda agar tetap aman.

2. Mual dan Muntah

Tanda lainnya yang biasa dirasakan oleh ibu hamil adalah mual dan muntah. Hal tersebut disebabkan karena saat hamil hormone Hcg meningkat dan itu membuat ibu hamil seringkali mengalami morning sickness atau mual dipagi hari. Namun biasanya siklus ini hanya bertahan di awal – awal kehamilan.

3. Perubahan Mood

Perubahan mood ini juga sering terjadi pada ibu hamil timester awal karena pada usia kehamilan tersebut hormone ibu berubah secara fluktuatif sedangkan tubuh belum terbiasa dengan perubahan tesebut.

4. Pusing dan terasa ingin pingsan

Rasa pusing sampai ingin pingsan yang dirasakan oleh ibu hamil ini biasanya disebabkan karena adanya perubahan hormone dan juga perubahan denyut jantung ibu yang mengalami penurunan. Namun biasanya rasa seperti ini hanya dirasakan saat usia kehamilan awal saja.

5. Sering buang air kecil

Biasanya saat hamil anda akan sering merasa ingin buang air kecil, itu karena saat hamil rahim menekan kandung kemih dan membuat anda merasa ingin buang air kecil lebih sering dari sebelumnya.

6. Payudara bengkak

Biasanya ibu hamil akan mengalami pembengkakan atau pembesaran di area payudara karena payudara pada ibu hamil sedang mempersiapkan ASI untuk disusui kepada anak setelah lahir nantinya.

7. Telat Menstruasi

Tanda ini menjadi tanda yang paling dijadikan indikator seseorang hamil atau tidak. Itu karena pada orang hamil tidak akan terjadi proses menstruasi karena dinding rahim yang biasanya meluruh kini sudah terisi oleh adanya janin. Sehingga orang hamil tidak akan mengalami menstruasi sampai nanti melahirkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.